SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA TRITUNGGAL KEC. REMBANG KAB. REMBANG - ALAMAT : JL. DESA TRITUNGGAL RT 03 RW 03 KODE POS 59251 HP. 089627755944 DUKUNG PROGRAM VAKSINASI NASIONAL COVID-19 SEBAGAI LANGKAH PERCEPATAN PENANGGULANGAN WABAH COVID-19, AYO VAKSIN !!!  

Profil Potensi Desa

hermanto | 01 Mei 2014 01:23:24 | 13.034 Kali

 Letak Desa Tritunggal

Desa  Tritunggal  Kecamatan Rembang  Kabupaten Rembang  secara geografis 1110 00’-1110 30’ Bujur Timur (BT) dan 60 30’-70 00’ Lintang Selatan (LS). Secara topografi Desa Tritunggal termasuk dalam kategori daerah dataran rendah dengan ketinggian ±50 meter dari permukaan laut (mdpl), dengan suhu rata-rata sebesar 23°C, sedangkan suhu maksimum dapat mencapai 33°C. Di wilayah Kabupaten Rembang curah hujan rata-rata 1.200 mm per tahun dimana curah hujan tertinggi terjadi bulan Januari yaitu sebanyak 272 mm/bulan dan curah hujan terendah terjadi bulan Juli dan Agustus yaitu sebanyak 11 dan 13 mm/bulan.

Adapun batas-batas wilayah Desa Tritunggal Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang  adalah sebagai berikut, sebagaimana disajikan pada Gambar berikut ini :

Sebelah Utara : Laut Jawa

Sebelah Timur : Desa Punjul Harjo Kec. Rembang

Sebelah Selatan : Desa Kasreman  Rembang

Sebelah Barat : Desa Pasar Banggi   Rembang

 

Luas Wilayah

Adapun luas wilayah Desa Tritunggal  adalah 131,597 Ha yang terdiri dari :

Tanah sawah  

:

Seluas 50,25 Ha, terdiri dari Tadah Hujan : 50,25 Ha

Tanah Pemukiman            

:

5,74 Ha

Tanah bukan sawah seluas

 

:

Seluas 81,347 Ha, terdiri dari Pekarangan/bangunan : 9,25 Ha, lahan tambak 39.65 Ha dan Tegalan 30,40 Ha

 Potensi Desa Tritunggal

Dilihat dari struktur wilayah yang berada di sepanjang Pantai Utara Laut Jawa, juga terdiri dari hamparan tanah persawahan dan pertambakan, maka dapat disimpulkan bahwa potensi Desa Tritunggal sangat menjanjikan, baik di sektor pertanian, perikanan, maupun pertanian garam.

Begitu pula hasil laut yang dimanfaatkan oleh sebagian besar penduduk Desa Tritunggal, karena sebagian besar mata pencaharian penduduk Desa Tritunggal adalah sebagai nelayan. Selain menjual hasil laut tersebut, sebagian ada yang mengolahnya sendiri menjadi komoditi yang menjanjikan untuk menopang ekonomi keluarga. Dianataranya yaitu banyaknya Industri Rumahan yang mengolah hasil laut tersebut. Banyak produk yang dihasilkan oleh Home Industry Desa Tritunggal seperti rengginag teri, krupuk ikan, terasi rebon, dan lain-lain.

Hasil tersebut dijual oleh pelaku Home Industry, baik di pasar tradisional maupun dijajakan secara online melalui media sosial.  

Salah satu keuntungan wilayah disepanjang pantai adalah terbukanya peluang untuk menjadi desa wisata. khususnya wisata laut. Pantai Desa Tritunggal mempunya potensi menjadi destinasi wisata Pantai di kabupetn Rembang jika diolah dengan benar. Tentunya hal ini memerlukan kerja keras semua warga untuk menuju ke arah tersebut. Dan saat ini masyarakat sudah mulai merintis keberadaan Pantai tersebut untuk dijadikan tempat wisata dengan terbentuknya Pokdarwis selaku penggiat wisata di daerah setempat.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Desa Tritunggal
Desa : TRITUNGGAL
Kecamatan : REMBANG
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59251
Telepon :
Email : desatritunggalrembang@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung