SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA TRITUNGGAL KEC. REMBANG KAB. REMBANG - ALAMAT : JL. DESA TRITUNGGAL RT 03 RW 03 KODE POS 59251 HP. 089627755944 DUKUNG PROGRAM VAKSINASI NASIONAL COVID-19 SEBAGAI LANGKAH PERCEPATAN PENANGGULANGAN WABAH COVID-19, AYO VAKSIN !!!  

PROGRAM KOTAKU

hermanto | 05 Oktober 2019 22:52:23 | 279 Kali

Secara umum, tujuan pelaksanaan Program Kotaku 2019 ini adalah menangani sisa wilayah yang masih masuk kategori kumuh: 14.837 Hektare. Areal yang masih harus ditangani itu sekitar 38 persen dari total kumuh nasional seluas 38.431 Ha. Total pencapaian penanganan kumuh periode 2015-2018 adalah sebanyak 23.594 Ha.

Tujuan menurunkan luas permukiman kumuh tak bergeser sama sekali, dan tetap menjadi utama. Sementara untuk agenda awal, membentuk Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman di tingkat kabupaten atau kota dalam penanganan permukiman kumuh yang berfungsi dengan baik serta penyusunan rencana penanganan permukiman kumuh di tingkat kabupaten atau kota dan tingkat masyarakat yang terintegrasi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dilebur. Perpaduan tujuan tersebut menjadi upaya mewujudkan kolaborasi penanganan kawasan kumuh dari berbagai stakeholder.

Alokasi dana pun mesti dimanfaatkan secara efektif dengan memprioritaskan penanganan 7 (tujuh) aspek kekumuhan yang bernumerik tinggi (3 dan 5). Pendekatan penanganan kumuh tersebut melalui perencanaan skala kawasan (RP2KP-KP/MP) yang terintegrasi dengan Skala Lingkungan (RPLP): sinkronisasi dan harmonisasi kegiatan dan waktu pelaksanaan.

Penurunan luas permukiman kumuh juga diukur dengan prioritas penanganan pada sektor air minum dan sanitasi, berupa air limbah rumah tangga serta persampahan. Prioritas infrastruktur harus berkualitas baik serta mampu secara nyata mengubah wajah kawasan. Technical Management Consultant (TMC) fokus pada pengendalian pelaksanaan Skala Kawasan dan OC/OSP fokus pada pengendalian pelaksanaan Skala Lingkungan.

Program Kota Tanpa Kumuh "Kotaku" di Desa Tritunggal, pada tahun 2019 ini adalah pembangunan disektor infrastruktur jalan pemukiman, yakni pembangunan jalan rabat yang berada di lokasi RW 3 RW 3 dan pembangunan saluran drainase sepanjang jalan menuju Pantai Nyamplung. kedepannya, pembangunan jalan ini nanti akan menjadi acuan percontohan jalan yang indah dan sejuk . Di sepanjang kiri kanan jalan di beri tanaman hias yang nantinya berfungsi sebagai perindang jalan. 

Peran masyarakat dalam menjaga lingkungan dengan menanami tanaman hias ataupun pohon-pohon rindang di sepanjang jalan akan menjadikan potensi desa Tritunggal semakin baik, terlebih dengan adanya wisata Pantai Nyamplung. 

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Desa Tritunggal
Desa : TRITUNGGAL
Kecamatan : REMBANG
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59251
Telepon :
Email : desatritunggalrembang@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung